TUz6TSz5TUApTUdlTfY0BUAiGY==

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menghadiri kegiatan Jambore OPOP Jawa Timur Tahun 2023

Ibu Gubernur Jawa Timur Memberikan Penghargaan Kepada
Pemenang OPOP Award 2023


Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menghadiri kegiatan Jambore OPOP Jawa Timur Tahun 2023 
di Gor Untung Suropati, Kota Pasuruan, Rabu (29/11/2023) malam.
 
Kegiatan bertajuk 'Unjuk Potensi, Raih Prestasi' ini bertujuan untuk memberikan inspirasi kepada peserta OPOP melalui benchmarking dan bestpractice sehingga dapat meningkatkan fungsi pemberdayaan ekonomi melalui program Pengembangan Ekonomi Masyarakat Berbasis Pesantren-(EKO-Tren) OPOP Jawa Timur.

Terdapat stan-stan bazar Koperasi Pondok Pesantren (Koppontren) peserta OPOP, yang menunjukkan produk-produk unggulannya dalam kegiatan Jambore OPOP Jawa Timur Tahun 2023 ini. Selain itu, ada pula pasar murah yang menjual sembako dengan harga terjangkau bagi pengunjung dan warga setempat.

Saat ditemui, Gubernur Khofifah menyampaikan, OPOP memiliki proses perjalanan panjang sehingga perkembangannya bisa sampai kegiatan Jambore OPOP Tahun 2023 ini.

"One Pesantren One Product atau OPOP ini memiliki potensi yang luar biasa. Untuk internal pesantren saja, kalau santrinya lebih dari 1.000 logistiknya pasti banyak. Dari seluruh kebutuhan - kebutuhan santri, kalau itu terkonsolidasikan di antara pesantren-pesantren terdekat ada gudang yang mumpuni. Pasti proses distribusi internal antar pesantren itu luar biasa," jelas Gubernur Khofifah.
Kunjungan Ibu Gubernur Ke salah Satu Tand Kopontren peserta OPOP

H.M. Alaikal Fajri M.M bersama salah satu Pemenang OPOP Award 2023

Selain distribusi internal, menurut Khofifah, distribusi eksternal produk-produk pesantren juga banyak sekali yang memiliki daya dukung alam memungkinkan untuk ditumbuh kembangkan.

"Dari mulai tales misalnya, daun tales itu sekarang sudah di ekspor ke Jepang dan Australia. Kemudian OPOP Sumenep juga sudah ekspor produknya ke Jerman, yaitu daun kelor. Jadi kekuatan alam kita, itu memungkinkan bisa dilakukan proses untuk hilirisasi yang pasarnya ternyata luar biasa," tutur Gubernur Khofifah.

Dikatakan Gubernur Khofifah, apalagi saat ini sudah ada produk yang communal branding. "Produk yang sudah communal branding itu ada kopi yang sudah satu brand, ada juga 
Diketahui, turut hadir dalam kegiatan Jambore OPOP Jawa Timur Tahun 2023 ini, Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf, Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo, Kepala Diskop UKM Jatim Andromeda Qomariah, Kepala Disperindag Jatim, Iwan S. Hut, dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) OPOP Jatim Mohammad Ghofirin.
Sekjen OPOP M.Ghofirin Bersama
Tim OPOP Kota Probolinggo

Gus Ipul di dampingi Oleh Gus Alex dan Tim

Komentar1

  1. Masyaallahh dari santri untuk negeri dan berkembangnya ekonomi good job 👍🏻

    BalasHapus

Type above and press Enter to search.